f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.

Landing            Editorial Staff            Contact Us

17 Jul, Friday
0° C
Image Alt

Kecemedia.com

Kota Terbaik di Dunia untuk Bersepeda

Jakarta – Jum’at (26/6), Bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang menarik di tengah pandemi COVID-19. Namun, tidak semua kota ramah bagi pesepeda. Hal ini membuat pengalaman bersepeda tidak begitu menyenangkan, bahkan membahayakan. 

Dilansir dari kompas.com, Copenhagenize Index memiliki laporan dua tahunan yang mengevaluasi 115 kota di dunia. Laporan tersebut berfungsi untuk melacak perkembangan global bersepeda di perkotaan. 

Terdapat beberapa faktor yang dipertimbangkan yakni sebagai berikut: 

  • Infrastruktur bersepeda 
  • Program berbagi sepeda
  • Keselamatan bersepeda
  • Keseimbangan gender

Beberapa faktor di atas digunakan untuk mengetahui kota-kota yang paling ramah terhadap para pesepeda. Apa saja yaa kota-kotanya?

Kopenhagen, Denmark 

Ibu kota Denmark ini berada di peringkat satu karena bersepeda merupakan cara hidup di sana. 62% penduduknya lebih memilih untuk bepergian dengan sepeda daripada mobil. Hal ini karena Kopenhagen menyediakan jaringan jalur sepeda dan jembatan yang membuat orang-orang bisa dengan aman dan cepat bersepeda melintasi kota.

Amsterdam, Belanda 

Kota ini berkomitmen untuk lebih mengakomodasi pertumbuhan jumlah pesepeda dengan memperluas jalur sepeda. Mereka juga membangun lebih banyak jalur lambat bagi pesepeda, dan mendesain ulang persimpangan agar para pesepeda merasa aman. 

Selain itu, Amsterdam juga berencana untuk menghapus 11.000 tempat parkir mobil pada 2025. Hal ini bertujuan untuk memberi banyak ruang bagi pohon, sepeda, dan trotoar.

Utrecht, Belanda 

Kota ini terkenal dengan infrastruktur bersepeda kelas dunianya. Namun, yang benar-benar membuat kota ini menonjol adalah inovasi dan keinginan politik. Para politikus di sana mendorong bersepeda sebagai moda transportasi yang berpotensi penuh. 

Mereka pun lebih memprioritaskan sepeda dibandingkan mobil. Bahkan, mereka bertujuan untuk menggandakan penggunaan lalu lintas sepeda pada 2030 nanti.

Antwerp, Belgia 

A man riding a bicycle On the street in Antwerp Downtown

Kota ini berkomitmen untuk meningkatkan jaringan sepeda. Selain itu juga menurunkan batas kecepatan hingga 30 km/jam pada 95% jalanannya.

Strasbourg, Perancis 

Salah satu kota di Perancis ini berencana untuk memperluas jaringan sepeda dari kota ke pinggiran kota.

Post a Comment

You don't have permission to register