f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.

Landing            Editorial Staff            Contact Us

16 Jul, Thursday
0° C
Image Alt

Kecemedia.com

Staycation di Tengah Pandemi, Aman Gak Yaa?

Jakarta – Jum’at (26/6), Pemerintah Indonesia mulai melonggarkan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Pembatasan perjalanan wisata juga turut dilonggarkan. Sehingga saat ini turis sudah bisa jalan-jalan di zona hijau dan kuning.

Melepas penat setelah kurang lebih tiga bulan karantina mandiri di rumah boleh saja. Namun ingat sebaiknya tak melakukan perjalanan yang kurang penting sebelum pandemi virus corona benar-benar berakhir. Tak perlu ke luar kota atau ke luar negeri, karena di dalam kota kamu masih bisa berwisata dengan cara staycation.

Dilansir dari cnnindonesia.com, kalau kamu ingin staycation pada akhir pekan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Cari informasi soal layanan dan fasilitas penunjang kesehatan

Tak ada jaminan 100% jika menginap di perkemahan, hostel, hostel, atau vila akan terbebas dari virus penyakit. Namun ada banyak cara untuk membuatnya menjadi lebih aman dan nyaman.

Apapun jenis penginapannya, mulailah dengan mencari tahu informasi penginapan melalui situs resmi. Selain itu juga bisa melalui layanan pelanggannya, untuk bertanya protokol kesehatan yang diterapkan.

Pastikan untuk bertanya tentang kualitas udara, ventilasi, jadwal disinfeksi, fasilitas cuci tangan di area umum. Tak Hanya itu, kunci digital, sampai protokol mengenakan masker, jarak sosial, dan pemeriksaan suhu tubuh bagi tamu dan staf.

Jauhi keramaian dan ruangan tertutup

Sebaiknya hindari waktu akhir pekan atau hari libur nasional, karena risiko berpapasan dengan kerumunan sangat mungkin terjadi. Jika ingin tetap melakukannya di akhir pekan atau hari libur nasional, sebaiknya pilih hotel yang berada di zona hijau. Atau yang jauh dari rumah sakit rujukan pasien virus corona.

Jaga kesehatan diri dan tamu lain

Sebagai tamu, kamu juga tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan tamu lainnya. Pakailah  masker dan hindari kerumunan, baik di dalam ruangan seperti lift maupun di luar ruangan seperti kolam renang.

Sebelum meneyntuh dengan permukaan seperti tombol lift, gagang pintu, serta meja dan kursi makan, segera bersihkan permukaan dengan tisu beralkohol dan jangan lupa cuci tangan.

Reservasi restoran hotel atau pilih hotel dekat pusat kuliner

Banyak hotel yang tidak lagi menyediakan menu prasmanan. Sebagai gantinya mereka menyediakan menu satuan seperti restoran. Kalau tidak mau makan di restoran hotel, kamu bisa pilih hotel yang dekat dengan pusat kuliner. Sehingga pilihan makanan dan minumannya lebih banyak.

Cek kesehatan

Cek kesehatan sebelum dan setelah melakukan staycation. Jika sehat saat berangkat dan tak enak badan saat pulang, segera temui dokter untuk mengetahui gejala kesehatan yang dialami.

Post a Comment

You don't have permission to register