f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.

Landing            Editorial Staff            Contact Us

17 Jul, Friday
0° C
Image Alt

Kecemedia.com

Gitar Kurt Cobain di MTV Unplugged Laku Rp 85 Miliar!

Jakarta – Senin (29/6), Gitar ikonik milik mendiang Kurt Cobain laku terjual US$6,01 juta atau setara dengan Rp85,6 miliar. Gitar tersebut pernah dimainkan dalam acara “MTV Unplugged” di tahun 1993. Gitar terjual di sebuah acara lelang di Los Angeles, Amerika Serikat, Sabtu (20/6/20) lalu.

Dilansir dari cnnindonesia.com, angka penjualan tersebut berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang gitar Stratocaster milik David Gilmour, vokalis Pink Floyd. Gitar tersebut laku terjual seharga US$3,95 juta pada tahun lalu.

Gitar akustik-elektrik retro tipe Martin D-18E 1959 milik Kurt Cobain itu pernah digunakan saat tampil di New York, AS. Tepat lima bulan sebelum kematiannya yang menghebohkan pada 1994 silam. Kurt Cobain meninggal pada usia 27 tahun.

Adalah Peter Freedman, salah satu pendiri Rode Microphones, yang berhasil mendapatkan gitar ikonik itu.

Freedman mendapatkan gitar beserta case aslinya. Case tersebut dihiasi dengan selebaran album Feel the Darkness dari grup musik Poison Idea yang dirilis Tahu 1990. Paket itu juga berisi setengah string gitar, tiga pick gitar. Serta tas berbahan suede yang berisi sendok perak, garpu, dan pisau.

Selain itu, barang-barang Nirvana lain juga berhasil terjual dalam lelang tersebut. Di antaranya poster “Nevermind” yang ditandatangani personil Nirvana. Poster tersebut laku terjual seharga US$56,25 ribu. 

Ada pula roll film dengan cetakan hasil pemotretan untuk majalah Spin pada 1992. Barang tersebut juga lengkap bersama tanda tangan yang dijual seharga US$35,2 ribu. Ada pula segelintir aksesori Nirvana lainnya yang dijual masing-masing seharga US$512.

Nirvana tampil secara akustik dalam acara “MTV Unplugged” pada 18 November 1993. Penampilan mereka disebut menjadi aksi terbaik dalam sejarah live music. Saat itu mereka membawakan sejumlah hit seperti “About A Girl”, “Come As You Are”. Juga lagu milik David Bowie, “The Man Who Sold the World”.

Selain gitar, sejumlah memorabilia milik Kurt Cobain lainnya juga dijual dalam gelaran tersebut. Di antaranya seperti gitar hitam custom-made dan gitar Fender Stratocaster yang hancur saat dimainkan dalam Utero Tour 1994.

Ada juga kemeja lengan panjang berwarna perak yang digunakannya dalam video musik “Heart-shaped Box” pada 1993. Pada Oktober 2019 lalu,  baju yang dikenakan Kurt Cobain dalam MTV Unplugged juga berhasil terjual dengan harga US$334 ribu.

Post a Comment

You don't have permission to register