f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.

Landing            Editorial Staff            Contact Us

23 Sep, Wednesday
0° C
Image Alt

Kecemedia.com

Ini Dia Lima Motif Batik dari Ibu Kota Baru, Kalimantan Timur

Jakarta – Seperti yang telah kita ketahui bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan lokasi Ibu Kota baru di Kalimantan Timur, tepatnya berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sebagai bagian dari Indonesia, Kalimantan Timur memiliki ciri khas kebudayaan yang bermacam-macam. Mulai dari makanan, rumah adat, sampai pakaian.  Kamis (29/8), dilansir dari Lifestyle.okezone.com, Kalimantan Timur memiliki batik khas yang tak kalah bagusnya dari batik-batik pulau Jawa. Bahan yang digunakan pada batik Kalimantan Timur ini pun beragam, seperti sutra, semi sutra, serat sutra, serat nanas, katun, dan doby atau ulap doyo.

Bukan hanya bahannya saja yang beragam, melainkan motif-motif batik Kalimantan Timur juga sangat beragam. Motif-motifnya biasanya dimodifikasi oleh para pengerajin sehingga terlihat lebih indah dan modern. Warna-warna yang digunakan juga biasanya didominasi dengan warna hijau, pink, oranye, dan merah.

Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk kita simak lima motif batik dari Kalimantan Timur ini!

  1. Motif Batang Garing

Motif batik Batang Garing ini berasal dari suku Dayak dan menjai simbol pohon kehidupan.

2. Motif Batik Mandau

Motif batik Mandau ini juga berasal dari suku Dayak dan menjadi simbol senjata khas suku Dayak.

3. Motif Batik Burung Enggau

Motif batik Burung Enggau ini berkaitan dengan fauna asal Kalimatan yaitu burung Enggau.

4. Motif Batik Shaho

Motif batik Shaho ini diadopsi dari berbagai ukiran dan lukisan suku Dayak. Bentuk dasarnya melengkung karena terispirasi dari liukan akar dan ranting pohon, spiral, lingkaran, serta patung manusia.

5. Motif Batik Kabupaten Kutai Timur

Motif batik Kabupaten Kutai Timur ini memiliki motif pakis, anggrek hitam, klubut, akaroros, burung enggang, burung mbui, dan beringin duduk.

Post a Comment

You don't have permission to register