f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.

Landing            Editorial Staff            Contact Us

10 Aug, Monday
0° C
Image Alt

Kecemedia.com

Jangan Gunakan Hand Sanitizer Ini!

Jakarta – Selasa (7/7), Beberapa waktu lalu, tiga orang meninggal dunia di Meksiko setelah menggunakan hand sanitizer yang mengandung metanol. Metanol merupakan bentuk alkohol yang beracun. Sementara itu, tiga lainnya kritis, dan satu orang mengalami buta permanen. 

Dilansir dari viva.co.id, selain itu, pembersih tangan praktis ini juga pernah menyebabkan kebakaran di dapur dan mobil. Oleh karena itu, harus hati-hati dalam memilih hand sanitizer. Hal ini dikarenakan tidak semuanya aman digunakan. 

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), mengeluarkan peringatan untuk tidak menggunakan sejumlah hand sanitizer karena mengandung racun. Hand sanitizer ini dibuat di Meksiko mengandung metanol tinggi, dan bisa menyebabkan keracunan.

  • All-Clean Hand Sanitizer
  • Esk Biochem Hand Sanitizer
  • CleanCare NoGerm Advanced Hand Sanitizer 75% Alcohol
  • Lavar 70 Gel Hand Sanitizer
  • The Good Gel Antibacterial Gel Hand Sanitizer
  • CleanCare NoGerm Advanced Hand Sanitizer 75% Alcohol
  • CleanCare NoGerm Advanced Hand Sanitizer 80% Alcohol (nomor lot 74589-005-03)
  • CleanCare NoGerm Advanced Hand Sanitizer 80% Alcohol (nomor lot 74589-003-01)
  • Saniderm Advanced Hand Sanitizer

Gunakan hand sanitizer yang mengandung minimal 60% alkohol untuk menangkal COVID-19. Pilihan terbaik saat ini adalah dengan memercayai merek yang sudah ada.  Bukan merek yang baru bermunculan setelah pandemi. Pastikan untuk membaca label dengan hati-hati. Serta periksa kandungan alkohol, jangan sampai kurang dari 60%. 

Menurut pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), etil atau etanol alkohol adalah yang paling aman. Etanol tidak boleh kurang dari 60% dan isopropanol harus 70&. Jika label menuliskan hanya alkohol, jangan membelinya. 

Hand sanitizer biasanya tertera tanggal kadaluwarsa. Hal ini karena alkohol dapat menguap dan jadi kurang efektif. Simpan hand sanitizer di tempat yang dingin dan jauhkan dari panas. 

Keracunan metanol dapat menyebabkan mual, pusing, dan kehilangan kesadaran. Selain itu juga menyebabkan lemah, penglihatan kabur dan kelelahan. Jika tertelan, dapat menyebabkan kebutaan bahkan kematian.

Jika terkena kulit atau terhirup, bahayanya akan sama. Wanita hamil dan anak-anak harus sangat berhati-hati. Bahaya lainnya adalah, hand sanitizer berbasis metanol sangat mudah terbakar. 

Post a Comment

You don't have permission to register