f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.

Landing            Editorial Staff            Contact Us

10 Aug, Monday
0° C
Image Alt

Kecemedia.com

Ternyata Crab Stick Tidak Mengandung Daging Kepiting!

Jakarta – Rabu (15/7), Siapa yang tidak tau crab stick, makanan olahan yang disukai banyak orang. Tapi tahukah kamu kalau crab stick sama sekali tak mengandung daging kepiting?

Dilansir dari food.detik.com, crab stick sering diandalkan sebagai alternatif pengganti daging kepiting. Harganya yang murah serta rasanya yang enak membuat crab stick menjadi favorit banyak orang. Makanan olahan ini juga kerap menjadi pelengkap hidangan shabu-shabu ala Jepang.

Meskipun bernama crab stick, olahan ini ternyata tidak mengandung daging kepiting sama sekali, lho! Crab stick juga populer dengan sebutan surimi atau kani yang dibentuk dan diberi pewarna oranye agar tampilannya mirip kepiting.

Crab stick sebenarnya diolah menggunakan daging ikan dan diproses dengan cara khusus. Jadi jangan heran kalau crab stick rasanya lebih mirip bakso ikan dibandingkan daging kepiting.

Untuk membuat rasa dan aromanya mirip daging kepiting, crab stick biasanya ditambahkan ekstrak rasa kepiting. Namun, bukan berarti kandungan nutrisinya sama seperti daging kepiting asli, yaa.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, dalam 100gr crab stick mengandung 95 kalori. Sementara daging kepiting segar mengandung 151 kalori. Kalori dari crab stick kebanyakan berasal dari karbohidrat dan bukan dari protein. Dalam kata lain, nutrisi terbanyak dalam crab stick adalah karbohidrat dari pati dan gula tambahan.

Meskipun terbuat dari daging ikan segar, crab stick tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Bahan pewarna hingga zat pengawet menjadi ‘bumbu’ utama dalam crab stick. Jika zat kimia ini masuk secara berlebihan, akan berdampak buruk pada tubuh. Reaksinya memang tidak langsung karena akan terasa dalam jangka panjang.

Beberapa zat aditif dalam crab stick yaitu; carmine yakni pewarna makanan, monosodium glutamat (MSG), zat pengawet dan zat penstabil tekstur. Jika bahan-bahan ini masuk ke tubuh secara berlebihan maka efeknya akan menjadi alergi, pusing mual, kaku otot hingga masalah pada ginjal.

Post a Comment

You don't have permission to register