f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.

Landing            Editorial Staff            Contact Us

11 Aug, Tuesday
0° C
Image Alt

Kecemedia.com

Kesalahan dalam Tidur yang Sering Dilakukan

Jakarta – Senin (27/7), Tidur berkualitas dengan durasi yang cukup di setiap malam, dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Dengan tidur yang cukup, tubuh akan lebih berenergi, meningkatkan daya ingat, hingga memperbaiki suasana hati. 

Melansir viva.co.id, namun semua manfaat tidur bisa didapatkan jika tidur kamu berkualitas, juga dengan posisi yang baik. Posisi tidur yang salah justru akan berbahaya bagi tubuh. 

Spesialis Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi, dr. Ibrahim Agung, Sp.KFR, menjelaskan ada tiga kesalahan terbesar yang kerap dilakukan orang saat tidur. Apa saja yaa kira-kira?

Pertama, melipat bantal terlalu tinggi. Hal ini sering dilakukan karena kebanyakan orang sekarang bermain gadget sebelum tidur. Tidur dengan posisi ini sangat berbahaya untuk otot, tulang dan sendi. 

Hal ini akan membuat tubuh terasa pegal, sakit sekali, dari bagian di belakang kepala, leher, sampai ke pundak, yang akan lama hilang dan sembuhnya. 

“Pertama, melipat bantal terlalu tinggi. Namun hal ini wajar dilakukan. Karena banyak orang di saat sekarang ini sebelum tidur pasti memegang telepon genggam. Sehingga berusaha untuk melihat ke atas dengan lebih jelas,” ujarnya di program Hidup Sehat, Jumat (24/7/20) lalu. 

Kedua,  posisi tidur yang tengkurap dengan kepala bertumpu pada tangan yang terlipat. Tidur dalam posisi ini dapat menyebabkan sakit pada saraf.

“Kesalahan kedua adalah posisi tidur tengkurap dengan kepala bertumpu pada tangan yang terlipat. Hal ini dapat menyebabkan permasalahan. Selain pada tulang leher juga pada sendi bahu dan juga saraf yang ada di tangan, serta pergelangan tangan,” lanjutnya. 

Ketiga, tidur dengan posisi menyamping dengan kepala bertumpu pada sendi bahu. Apa konsekuensinya jika kita tidur dengan posisi seperti itu? 

“Posisi seperti ini jika dilakukan berulang-ulang, akan menyebabkan masalah nyeri pada sendi bahu, ketika kita bangun tidur nantinya,” pungkas dokter Ibrahim.

Post a Comment

You don't have permission to register