f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.

Landing            Editorial Staff            Contact Us

06 Aug, Thursday
0° C
Image Alt

Kecemedia.com

Jangan Mengolah Daging Kurban Jadi Sate!

Jakarta – Rabu (29/7), Sebentar lagi Idul Adha akan tiba. Mungkin kamu sudah merencanakan menu apa yang akan kamu buat untuk mengolah daging sapi dan kambing hasil kurban. Biasanya banyak orang yang mengolah daging kurban menjadi menu sate. Namun ternyata, hal itu tidak disarankan. Kenapa ya? 

Malansir kompas.com, Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group, Chef Stefu Santoso menjelaskan, daging kurban yang baru dipotong masih sangat segar sehingga tidak bisa langsung dikonsumsi. Hal ini dikarenakan teksturnya masih keras. 

Diperlukan waktu untuk proses aging atau pelayuan sehingga tekstur daging menjadi lebih empuk.

“Untuk dijadikan sate saya tidak rekomen karena akan keras,” ungkap Chef Stefu.

Agar tidak terlalu keras, daging bisa dibungkus terlebih dahulu dengan daun pepaya. Namun, tidak dianjurkan dilakukan terlalu lama karena bisa menimbulkan rasa pahit.

Chef Stefu menyarankan agar daging kurban diolah dengan metode wet cooking. Yaitu metode makanan dimasak dengan menempatkannya pada air panas atau terekspos uap panas. Metode ini bisa membuat serat-serat daging menjadi lebih empuk untuk dikonsumsi. 

“Cara terbaik adalah dimasak dengan cara stewed (direbus) atau wet cooking. Atau masak dalam jangka waktu tertentu dengan menggunakan rempah-rempah.”, ujar President of Association of Culinary Professionals ini. 

Beberapa menu yang bisa dicoba antara lain sop, gulai, tongseng, dsb. 

Post a Comment

You don't have permission to register