f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.

Landing            Editorial Staff            Contact Us

18 Jan, Monday
0° C
Image Alt

Kecemedia.com

Ini Bagian yang Paling Sehat Dari Buah Apel

Jakarta – Rabu (19/8), Buah apel bisa menjadi pilihan yang sehat dan sempurna. Buah satu ini diketahui kaya serat, nutrisi dan protein. Selain itu apel juga sangat baik sebagai menu sarapan atau camilan.

Melansir viva.co.id, tapi, kamu akan terkejut jika mengetahui bagian apel yang paling sehat. Hal ini dikarenakan bagian ini kerap dibuang. Sebagian besar orang mungkin akan berpikir bagian tersebut terdapat pada kulit. Tapi, kamu salah besar!

Bagian paling sehat dari buah apel yaitu bijinya, yang biasanya dibuang ke tempat sampah. Hasil studi menunjukkan, memakan bagian tengah atau biji apel, memberikan 10x lebih banyak bakteri sehat dibanding mengonsumsi bagian luarnya.

Pada penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Frontiers in Microbiology tahun 2019, biji buah apel mengandung bakteri sehat. Satu buah apel utuh (termasuk bijinya) mengandung sekitar 100 juta bakteri sehat, di mana dagingnya saja mengandung 10 juta.

Selain itu, bakteri yang ditemukan dalam apel cukup sehat dan merupakan sumber mikroba usus yang penting. Memiliki mikrobiota usus yang sehat dianggap baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Serta melindungi diri dari patogen asing penyebab penyakit.

Biji apel juga mengandung protein, serat dan minyak. Selain itu, biji apel juga kaya akan antioksidan dan mengandung senyawa anti kanker.

Namun, hampir semua orang tentu membuang bijinya karena mengandung senyawa amygdalin, yang dianggap beracun. Ketika senyawa ini bersentuhan dengan sistem pencernaan kita, ia akan melepaskan sianida, yang merupakan salah satu racun paling mematikan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), dosis oral 1-2 mg/kg sianida untuk pria berbobot 70 kg bisa berakibat fatal. Namun, jumlah amygdalin yang ditemukan dalam biji apel (satu buah apel) sangat sedikit untuk menyamai angka ini. Dibutuhkan sekitar 200 biji apel untuk menghasilkan racun dalam jumlah ini di dalam tubuh.

Tapi, ada pandangan yang bertentangan terkait hal itu. Berdasarkan beberapa penelitian menyatakan, tidak masalah mengonsumsi biji apel. Sementara yang lain percaya, lebih baik membuangnya sebelum memakan buahnya. Untuk itu, diperlukan lebih banyak penelitian lagi sebelum menarik kesimpulan apapun.

Post a Comment

You don't have permission to register