f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.

Landing            Editorial Staff            Contact Us

23 Sep, Wednesday
0° C
Image Alt

Kecemedia.com

Wow! Kacamata Mahatma Gandhi Laku Rp 5 Miliar

Jakarta – Senin (24/8), Mahatma Gandhi bukan hanya pahlawan bagi India, tapi juga dunia. Gandhi merupakan seorang pengacara, yang juga tokoh nasionalis anti-kolonial, dan ahli etika politik. Beliau dikenal menggunakan perlawanan non-kekerasan untuk memimpin kampanye kemerdekaan India dari Inggris.

Melansir kompas.com, berkat perjuangannya itulah kemudian menginspirasi banyak gerakan untuk hak-hak sipil dan kebebasan di seluruh dunia. Dengan segala peran besarnya, maka tak heran jika apa pun warisan yang ia tinggalkan akan diminati oleh banyak orang. 

Salah satunya kacamata yang ia pakai sepanjang hidupnya. Sosok pemilik nama lengkap Mohandas Karamchand Gandhi ini, memang identik dengan kacamata bulat-nya. Kacamata milik Gandhi itu kini sudah terjual dalam sebuah lelang yang dilaksanakan rumah lelang East Bristol, Inggris. 

Kacamata bersejarah itu terjual dengan harga yang luar biasa. Bagaimana tidak, kacamata itu laku seharga 260 ribu poundsterling atau sekitar Rp 5,03 miliar. Angka ini sekaligus menjadi rekor penjualan tertinggi di rumah lelang East Bristol.

Kacamata tersebut dibeli melalui telepon oleh kolektor asal Amerika Serikat. Angka penjualannya jauh melampaui harga yang diprediksi. Yaitu sebesar 15 ribu poundsterling, atau setara dengan Rp 290 juta.

Awalnya, kacamata ini dimiliki oleh seorang pria tua asal Mangotsfield, Inggris. Dia mengaku, kacamata tersebut diturunkan dari generasi ke generasi di dalam keluarganya. Kacamata itu menjadi milik mereka setelah seorang kerabat bertemu Gandhi di Afrika Selatan sekitar tahun 1920-an. 

Setelah laku terjual, pria tua tersebut mengaku akan membagi uang hasil pelelangan dengan putrinya. Namun dia belum menyadari betapa besar nilai uang yang dia dapat.

Kacamata itu disimpan dalam sebuah wadah putih polos, dalam kotak di East Bristol Auctions.

“Barang itu bisa dengan mudah dicuri, atau jatuh dan berakhir di tempat sampah,” kata Stowe. 

Pemiliknya tidak mengetahui nilai dari barang bersejarah itu. Bahkan, ketika kacamata tersebut diperkirakan akan laku seharga 15.000 pounsterling, dia terkaget-kaget. 

“Kacamata ini telah disimpan di laci selama lima puluh tahun. Penjualnya benar-benar menyuruh saya membuangnya jika ‘tidak bagus’.” Ujar Stowe.

“Ini adalah hasil yang fenomenal. Kacamata ini tidak hanya mewakili rekor lelang bagi kami, tetapi juga penemuan penting sejarah internasional,” pungkas Stowe.

Post a Comment

You don't have permission to register