f

Get in on this viral marvel and start spreading that buzz! Buzzy was made for all up and coming modern publishers & magazines!

Fb. In. Tw. Be.

Landing            Editorial Staff            Contact Us

22 Jun, Tuesday
0° C
Image Alt

Kecemedia.com

Kronologi Terbongkar dan Penetapan Tersangka Tes Antigen Bekas di Bandara Kualanamu

Kasus penggunaan alat tes antigen bekas buat tes Corona di Bandara Kualanamu lanjut ke proses penetapan tersangka.

Dikutip dari detik.com, polisi menetapkan lima orang tersangka sebagai kasus dugaan penggunaan alat tes antigen bekas di Bandara Kualanamu. Mereka dijerat melanggar UU Kesehatan dan UU Perlindungan Konsumen.

Kelima tersangka itu adalah orang-orang yang bekerja di Kimia Farma sebagai pengelola laboratorium tes antigen Bandara Kualanamu.

Bandara Kualanamu (foto: kualanamu-airport.co.id)

Proses kejahatan ini terungkap dari tanya-jawab Kapolda Sumut Irjen Panca Putra dengan sejumlah petugas laboratorium yang dikelola Kimia Farma di Kualanamu saat konferensi pers, Kamis (29/4/2021). Para petugas ini masih menjadi saksi.

Saat para petugas ini masih berstatus saksi, Panca bertanya bagaimana cara membedakan alat tes antigen bekas dengan yang baru. Salah satu saksi kemudian menjelaskan, alat tes antigen bekas ditandai dengan adanya staples dan double tape pada bungkusnya. Sementara itu, bungkus alat tes antigen yang baru masih disegel.

Stik tes antigen bekas itu diantar kurir yang telah menjadi tersangka ke laboratorium di Kualanamu. Cotton buds swab antigen bekas itu telah dicuci dengan alkohol lebih dulu, dikemas, lalu dipakai lagi ke pasien lain. Petugas itu juga mengaku cotton buds yang baru hanya dipakai jika stok cotton buds bekas habis.

Panca kemudian bertanya apakah mereka pernah membuat hasil tes antigen tanpa diperiksa atau tidak. Salah satu pegawai lain yang jadi saksi mengakui hal itu pernah terjadi.

Post tags:
Post a Comment

You don't have permission to register